Selasa, 19 Maret 2019

Aki Motor Mio Berapa Ampere? Begini Penjelasannya

Aki motor Mio berapa ampere? Bagi Anda yang tidak terlalu paham mengenai dunia otomotif mungkin banyak yang bertanya soal ini. Padahal, setiap kendaraan pasti membutuhkan yang namanya aki. Baik itu kendaraan berupa sepeda motor maupun mobil tidak lepas dari aki. Aki merupakan salah satu bagian yang vital dari sebuah kendaraan. Setiap kendaraan tidak akan bisa berfungsi dengan baik tanpa adanya aki. Aki berfungsi sebagai penyimpan energi yang akan digunakan untuk menjalankan bagian-bagian penting dari sebuah kendaraan. Mulai dari mesin, lampu, klakson dan lain sebagainya tidak akan bisa berfungsi dengan baik tanpa adanya aki. Bahkan, kendaraan tidak akan bisa dinyalakan jika aki telah aus. Kali ini kami akan menyajikan informasi terkait aki motor Mio.

Sebelum membahas mengenai aki motor mio, sebaiknya kami sajikan terlebih dahulu cara mengetahui kapasitas aki dari sepeda motor yang dimiliki. Kapasitas baterai atau aki adalah jumlah ampere jam baterai mampu memberikan suplai sejumlah isinya secara rata-rata sebelum setiap selnya menyentuh tegangan/voltase turun (drop voltage) yaitu sebesar 1,75 V. Setidaknya ada tiga faktor yang menentukan besar kecilnya kapasitas suatu baterai atau aki sebagai berikut :

Aki Motor Mio Berapa Ampere? Begini Penjelasannya

1. Jumlah Bahan Aktif
Ukuran pelat dapat menentukan berapa besaran kapasitasnya. Semakin besar ukuran pelat yang bersentuhan dengan cairan elektrolit maka kapasitasnya akan semakin besar. Kemudian semakin banyak pelat yang bersentuhan dengan cairan elektrolit maka kapasitasnya juga semakin besar. Dari gambaran tersebut, jika Anda menginginkan kapasitas yang besar maka luas pelat dan banyaknya pelat harus ditingkatkan. Tetapi, syarat yang harus dipenuhi adalah pelat harus terendam oleh cairan elektrolit. Hal ini membuktikan betapa pentingnya pelat-pelat agar terendam oleh cairan elektrolit. Pasalnya, bagian pelat yang tidak terendam oleh cairan elektrolit sama sekali tidak akan berfungsi bagi peningkatan kapasitas.

2. Tinggi Rendahnya Temperatur
Tinggi rendahnya temperatur juga bisa menentukan kapasitas dari baterai. Semakin rendah atau semakin dingin temperatur, maka kapasitas baterai akan semakin kecil saat digunakan. Hal ini karena reaksi kimia pada suhu yang rendah semakin lambat tanpa memperdulikan apakah arus yang digunakan tinggi atau rendah. Untuk mengukur kapasitas baterai, biasanya diukur pada suhu tertentu. Tetapi, biasanya akan diukur pada suhu 25 derajat Celcius.

3. Waktu dan Arus Pengeluaran
Faktor ketiga yang bisa menentukan kapasitas baterai adalah waktu dan arus pengeluaran. Pengeluaran yang lambat dalam arti pengeluaran arus yang rendah mengakibatkan waktu pengeluaran juga akan diperpanjang atau kapasitas yang lebih tinggi. Pada umumnya, kapasitas baterai yang dipakai pada pengeluaran tertentu adalah 20 jam. Semakin rendah arus yang digunakan atau dikeluarkan, maka baterai dapat memberikan suplai dalam waktu yang lebih panjang. Kemudian jika semakin besar pemakaian arus, maka akan semakin kecil juga kapasitas baterainya.

Motor Mio memiliki komponen aki yang berguna sebagai tempat menyimpan daya dengan jumlah satu dan berfungsi sebagai daya starter saat menyalakan mesin dan agar arus tetap stabil saat motor menyala. Setiap motor biasanya memiliki tipe aki yang berbeda-beda. Hal ini karena tipe aki tersebut disesuaikan dengan kebutuhan mesin dan ukuran ruang yang tersedia di kendaraan itu. Motor Mio sendiri memiliki kapasitas baterai sebesar 5 Ampere Hour dengan tegangan sebesar 12 Volt. Tetapi, jika kebutuhan listrik yang Anda butuhkan dalam kendaraan Anda telah bertambah, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan upgrade tipe aki dari standar sesui dengan kebutuhan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pergantian baterai dengan kapasitas yang lebih besar dari standar. Tetapi, kami sarankan agar Anda telah mempertimbangkannya dengan matang. Anda juga sebaiknya sudah berkonsultasi dengan pihak ATPM kendaraan.

Jika Anda ingin mengganti tipe aki basah, sebaiknya masih sama ampere akinya dengan yang asli. Pasalnya, jika ukurannya lebih kecil akan memberikan dampak yang kurang baik. Suplai arus listrik bisa menjadi kurang atau bahkan terlalu berlebihan karena suplai arus dari generator dan regulator sangat besar. Begitu juga sebaliknya, jika Anda mengganti aki dengan kapasitas ampere yang lebih besar, maka akan memakan biaya tambah yang lebih besar pula. Gulungan sepul atau generator harus diubah termasuk dengan regulatornya sesuai dengan kebutuhan aki. Selain itu, kualitas dari aki juga harus diperhatikan. NS Battery adalah produk aki kendaraan dengan kualitas terbaik. NS Battery menghasilkan produk dengan mengutamakan kemudahan dan kenyamanan. Cara pemasangan dari aki ini juga termasuk mudah dan praktis. Jadi, Anda tidak perlu menunggu lama dalam pemasangan aki NS Battery. Selain itu, kenyamanan dalam penggunaan juga menjadi nilai lebih dari aki ini. Apalagi, NS Battery juga menjadi aki pertama di Indonesia yang menyediakan garansi resmi bagi para pelanggannya.